JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Silaturrahiim Wakil Gubernur Sumbar Dengan Insan Peternakan

Payakumbuh, Mengawali kiprahnya wakil Gubernur  Sumbar Audy Joinaldy bersilaturrahim dengan insan peternakan bertempat di UPTD Balai Pengembangan Teknologi dan Sumber Daya Tuah Sakato Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH)  Provinsi Sumatera Barat  dihadiri oleh dinas pelaksana fungsi peternakan kabupaten/kota, stakeholder, akademisi, asosiasi ternak serta UPT Kementerian Pertanian di Sumatera Barat (BPTP, BPTU, Balit. Veteriner, dan Karantina Hewan) Jum’at malam (12/3)  Dalam sambutannya, Drh. Erinaldi,MM Kepala Dinas PKH  menyampaikan acara ini diadakan guna menyatukan pandangan melihat potensi peternakan Sumatera Barat sehingga bisa membawa kesejahteraan bagi peternak.

Wakil Gubernur mengukapkan  bahwa kita harus bisa memuliakan peternak dan pengusaha kecil  karena mereka secara tidak  yang meningkatkan dan menggerakkan perekonomian negara. Salah satu program unggulan Sumatera Barat adalah mandiri dibidang komoditas peternakan untuk saat ini  ayam petelur dan ayam pedaging di Sumatera Barat mulai mandiri, kedepan  kemandirian ini akan diikuti  peternak sapi, dan kambing. Selain itu pelestarian plasma nutfah seperti ayam kokok balenggek, sapi pesisir, itik baying juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu perlu adanya sentra untuk hilirisasi pembangunan peternakan seperti Kota Padang Panjang fokus dalam pengolahan susu, Kota Payakumbuh bisa melakukan pengembangan telur bubuk. Kabupaten Solok berpotensi pengembangan pabrik pakan sapi. Oleh karena itu salah satu komitmen dari PEMDA adalah 10% APBD untuk mendukung pembangunan  pertanian dalam arti luas. 

Wakil Gubernur yang juga alumnus Fakultas Peternakan selanjutnya menyampaikan populasi ayam di Sumatera Barat 13.5 juta ekor, berpotensi untuk pengembangan DOC dan  layer sehingga muncul ide membentuk koperasi peternak, termasuk melaksanakan branding melalui digitalisasi untuk produk hilirisasi peternakan yang  mulai marak saat ini. Dalam sesi tanya jawab, asosiasi ayam bloiler menyampaikan kegamangan terhadap pola kerjasama peternakan ayam potong saat ini berkembang serta meminta agar lahan tidur dibuka dan ditanami jagung pakan serta membuat briding DOC untuk ayam broiler guna mengurangi ketergantungan dengan pihak luar. (hre)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)