JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Kembangkan Kawasan Agroeduekowisata di IP2TP Sitiung

Sitiung, Kamis 20 Januari 2021. Instalasi Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) merupakan nama baru bagi Kebun Percobaan Sitiung. Sejak tahun 2020 kawasan pengembangan hasil litkaji BPTP Sumbar ini sudah disiapkan menjadi Kawasan pertanian yang bernuansa Pendidikan dan wisata. Dengan ditetapkannya IP2TP Sitiung sebagai Kawasan Agroeduwisata, berarti harus siap untuk mandiri, mengingat semakin terbatasnya pasokan anggaran untuk pengembangan kedepan. Hal ini sangat ditekankan oleh Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, kepada para karyawan. Pertemuan ini merupakan kunjungan perdananya sejak memimpin BPTP Sumbar, menggantikan DR. Drs. Jekvy Hendra yang pindah tugas memimpin BPTP Lampung.

Dalam arahannya, kepala balai menyampaikan pentingnya kemandirian instalasi penelitian guna menopang anggaran operasional yang benerapa tahun ini memang sangat terbatas. Potensi instalasi yang dimiliki harus dikelola sebaik mungkin, tidak hanya sebagai wadah penelitian dan pengkajian saja tetapi harus dirancang dan dikelola untuk menghasilkan sehingga mampu membiayai bagian dari kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan dan dikembangkan. Teknik pengelolaan harus sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku sehingga IP2TP mampu berperan sebagai instalasi pemerintah yang mendukung program pembangunan yang sedang digalakan.

Potensi seperti Plasma Nutfah Kelapa sawit yang terlengkap harus dipelihara dan dikembangkan sebaik meungkin sehingga bisa dibanggakan sebagai sumber genetic bagi pengembangan kelapa sawit di Sumatera Barat khususnya, Indonesia umumnya. Disamping itu plasma nutfah yang memiliki hampir semua jenis kelapa sawit yang ada di dunia ini bisa dijadikan media Pendidikan baik bagi para peneliti, dosen maupun perusahaan perkebunan dan para pelajar. Dan tidak kalah pentingnya adalah sebagai Kawasan wisata perkebunan bagi para pencinta pertanian dan keindahan alam. Karena disamping plasma nutfah kelapa sawit di instalasi ini juga mempunyai areal kebun jeruk, areal peternakan sapi pesisir, areal tanaman pangan dan lahan kosong yang bisa dibangun tempat bermain dan areal wisata yang nyaman.

Dalam kunjungan ini, Kepala BPTP Sumbar yang didampingi oleh Subkoordinator Kerjasama Pelayanan dan Pengkajian (KSPP) Heru Rahmoyo Erlangga,S.TP.  Subkoordinator KSPP berharap agar para karyawan IP2TP Sitiung bergerak menciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif serta kompak sehingga produktivitas kerja bisa lebih ditingkatkan.

Dalam kunjungan perdana Kepala BPTP ini, para karyawan IP2TP sangat antusias dengan arahan  yang diberikan. Kepala Balai kelihatan sangat serius untuk berkembangnya IP2TP Sitiung, dan berharap agar para karyawan bisa mewujudkan apa yang telah dirancang dan sedang dikembangkan tersebut. Terakhir Kepala Balai menegaskan bahwa dengan semua potensi yang ada, pemanfaatan dan pengembangan yang tepat, terarah dan terencana dilengkapi dengan pengelolaan yang baik akan berkembang menjadi Kawasan agroeduecowisata yang akan menjadi salah satu destinasi  agro-edukasi-ekonomi-wisata terintegrasi dengan wisata religi yang sedang dirintis oleh Pemerintah Daerah Kab. Dharmasraya dengan membangun Masjid Raya. Nuansa ekonomi akan menjadi salah satu harapan yang diperkirakan akan menjadi tolok ukur berkembangnya IP2TP Sitiung, sebagai ujung tombak cerminan kinerja BPTP Sumbar khususnya, Badan Litbang Pertanian umumnya. (Heru R)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)