JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Temu Lapang Display Varietas Unggul Lokal Padi Sawah Di BPP IV Jurai Pesisir Selatan.

Tujuan diadakan display varietas unggul lokal padi  sawah adalah agar petani mempunyai banyak pilihan, ketika petani membutuhkan benih padi yang berkualitas pada saat musim tanam , cukup banyak varietas lokal padi sawah varietas lokal yang mempunyai sifat unggul dan lebih adaptif terhadap suatu lokasi, dan sebagian telah dilepas sebagai varietas unggul lokal padi sawah  seperti Bawaan, Banang Pulau, Lampai Kuning, Cantik Manis, Sarai Sarumpun, Sewai, Putiah Papanai, Banang Salai dll. Demikian sambutan Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Pesisir Selatan Ir. Nuzirwan pada acara temu lapang Display Varietas Unggul Lokal padi sawah  di Balai Penyuluhan Pertanian IV Jurai  yang diikuti perwakilan kelompok tani  kecamatan IV Jurai dan Bayang baru – baru ini.

Terlaksananya kegiatan display varietas unggul lokal  padi sawah di nagari Salido kecamatan IV Jurai dan nagari Kapeh Panji  kecamatan Bayang kabupaten Pesisir Selatan merupakan bentuk pendampingan dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) kementerian pertanian Republik Indonesia sebagai LO kostratani untuk kabupaten Mentawai, Solok Selatan dan Pesisr Selatan. Dalam sambutan Winarno mewakili kapus PPVTPP untuk kabupaten Pesisir Selatan  ini mengapresiasi kerjasama dan pendampingan telah yang dibangun oleh Dinas Pertanian dan BPTP sehingga diharapkan  varietas unggul lokal yang telah didisplaykan dapat berkembang dengan pesat, selanjutnya itu Winarno juga menjelaskan proses  yang harus dilalui  dalam mendaftarkan suatu varietas tanaman dan tanaman yang memiliki keunggulan  dapat didaftarkan ke PPVTP.

Pada kesempatan yang sama Ka. BPTP Sumatera Barat yang diwakili oleh KSPP Herru Rahmoyo menjelaskan secara ringkas tentang peran Kostrada dan pentingnya koordinasi tingkat kecamatan. Acara ini dilanjutkan dengan pelaksanaan karakterisasi dari masing – masing varietas oleh setiap kelompok dengan pemberian kenangan dari PPVTPP dan ditutup dengan diskusi.  

KSPP BPTP Sumatera Barat mewakili ka BPTP memberikan sambutan sebagi bentuk pendampingan Kostrawil terhadap Kostrada kabupaten Pesisir Selatan.

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)