JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Balitbangtan Sumbar Dampingi Gertam UPSUS Kota Solok

Upaya Khusus (Upsus) Percepatan dan  peningkatan produksi padi, untuk Kota Solok merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mendukung kedaulatan pangan . Hal tersebut disampaikan kepala  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat, Dr. Ir. Chandra Indrawanto, MSc saat sambutan Pencanangan Percepatan Pengolahan Tanah Dan Tanam Serentak tahun 2017 bertempat di areal persawahan kawasan IX Korong Kelurahan Sinapa Piliang Kota Solok, Ahad 12 Februari 2017.

Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Solok, Reinier, Dandim 0309/Solok yang diwakili Kasdim, Kepala Bidang Holtikultura Pemprov Sumbar, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Kepala OPD dilingkungan Pemko Solok, Camat sekota Solok, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang serta kelompok tani.

“ Mari kita gerakkan olah tanah sempurna dan tanam jajar legowo dalam rangka Upsus peningkatan produksi padi tahun 2017 di Kota Solok. Karena pangan menjadi hal yang penting bagi kita, sebab pangan merupakan salah satu ketahanan ekonomi nasional,” kata, Zul Elfian.

Menyadari fungsi dan peran penting padi tersebut, maka pemerintah berupaya untuk mewujudkan peningkatan produksi padi tahun 2016 melalui penerapan teknologi penggunaan pupuk sesuai rekomendasi, penggunaan benih bermutu, pengendalian hama terpadu dan penerapan sistem tanam padi jajar legowo.

Tanam Jajar legowo merupakan sistem tanam dengan tujuan untuk menambah jumlah rumpun dan efek tanam pinggir, Dengan jumlah rumpun bertambah, serta dengan adanya sela atau baris kosong, yang mana akan meningkatkan intensitas penyinaran matahari. Dan ini telah dibuktikan mampu meningkatkan produktivitas padi mencapai rata-rata seanyak 20 persen per tahun.