JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ir. Syahrul Zen

 
   
Nama :

Ir. Syahrul Zen

Pendidikan : S1
Jabatan : Peneliti Utama
Bidang Keahlian :  Pemuliaan Tanaman
Komoditas Utama Penelitian : Padi Dan Jagung
e-mail :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  

PROFIL

Ir. Syahrul Zen, mendapat gelar sarjana pertanian  pada jurusan budidaya tahun 1984 dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang. Bekerja sebagai tenaga honorer pada Perwakilan Lembaga Penelitian Pertanian Sumatera Barat sejak tahun 1973, tahun 1978 sambil bekerja mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan pada Fakultas Pertanian Unand.

Dalam perjalanan kepegawaian diangkat sebagai calon pegawai negeri tahun 1982 dan pegawai negeri tahun 1983 dengan  pangkat pengatur muda (II/a), tahun 1985 penyesuaian golongan sarjana dengan pangkat penata muda (III/a).  Pernah menjadi Kepala Kebun Percobaan Sukarami dan KP Bandar Buat serta sekretaris kelompok peneliti padi, serelia dan budidaya.

Sebagai fungsional peneliti mulai diangkat dengan jenjang asisten peneliti madya tahun 1987 dan saat ini menduduki jenjang Peneliti Utama dalam bidang ilmu pemuliaan tanaman dengan pangkat Pembina Utam a (IV/e). Untuk mendukung karir sebagai fungsional peneliti telah aktif mempublikasikan karya tulis ilmiah dari hasil penelitian sekitar 60 makalah yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, semi ilmiah dan prosiding yang dimuat baik dilingkungan Litbang Pertanian maupun perguruan tinggi. Disamping itu juga aktif dalam mensosialisasikan hasil penelitian pada tingkat penyuluh maupun petani sebagai nara sumber baik dalam propinsi Sumatera Barat maupun propinsi tetangga.

Sejak bekerja aktif pada komoditi pdi dan jagung,  berkontribusi dalam pelepasan padi varietas Batang Agam, Batang Ombilin dan Batang Sumani yang sesuai untuk agroekostem sawah dataran tinggi, varietas Danau bawah dan Laut Tawar toleran terhadap keracunan aluminium, jagung varietas Antasena toleran keracunan aluminium. Mulai tahun 2000 aktif dalam jaringan litkaji pemuliaan partisipatif  antara Puslitbangtan dengan 16 BPTP yang mengantarkan dilepas varietas Batang Piaman dan Batang Lembang  tahun 2003 dan Inpari 21 Batipuh tahun 2011. Keterbatan pilihan varietas unggul yang sesuai dengan preferensi konsumen Sumatera Barat bersama pemerintah kabupaten dan Kotamadya telah melepas varietas lokal  Anak Daro, Kuriek Kusuik, Junjuang, Saganggam Panuah, Bujang Marantau, Banang Pulau, Ampek Angkek, Bawaan, Gadang Rumpum, Sigudang,  dan Ceredek Merah sebagai varietas unggul nasional spesifik lokasi melalui sidang Pelepasan Varietas Tanaman Pangan.

Penghargaan yang telah diterima adalah sebagai peneliti berprestasi ditingkat  Propinsi  Sumatera Barat tahun  2010, mendapat tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya XXX tahun dari Presiden RI tahun 2015, dan mendapat penghargaan sebagai penggerak/Pemerkasa/Pelopor tingkat nasional di bidang pembangunan pertanian tahun 2016 dari Menteri Pertanian RI.