JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pendampingan Program Utama Kementrian Pertanian Mendukung Swasembada Pangan Berkelanjutan

Salah satu pendekatan untuk meningkatkan produksi kedelai dilakukan melalui introduksi varietas unggul baru produktivitas tinggi, yang dibudidayakan dengan pendekatan pengolahan tanaman terpadu (PTT). Penyebarluasan PTT dilakukan melalui Sekolah Lapang (SL). SL-PTT merupakan pendekatan paling efektif untuk saat ini dalam mendukung program percepatan peningkatan produksi tanaman pangan. Oleh karena itu SL-PTT telah diadopsi oleh Derektorat Jenderal Tanaman Pangan sebagai salah satu program strategis Kementerian Pertanian untuk peningkatan produktivitas dan produksi pangan termasuk kedelai.

Berkaitan dengan hal di atas, dan sesuai dengan kebutuhan spesifik Sumatera Barat, maka Demfarm PTT kedelai dapat dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Barat oleh karena Kabupaten tersebut merupakan pengembangan komoditas kedelai di Sumatera Barat tahun 2014.

Tujuan Supaya petani kedalai mengetahui, memahami dan biasa menerapkan komponen-komponen teknologi budidaya kedelai secara benar.

Keluaran Terlaksananya percepatan diseminasi inovasi teknologi dengan:

  1. Dipahaminya komponen - komponen teknologi spesifik lokasi PTT kedelai oleh petani.
  2. Terlaksananya Demfarm PTT kedelai di kawasan SL-PTT sehingga dapat meningkatkan hasil.

Lokasi Kegiatan Di Kanagarian Simpang Tigo, Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat

Jangka Waktu Februari  Juni 2014

Biaya Rp 18.500.000

Hasil

Demfarm PTT kedelai di Kanagarian Simpang Tigo, Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman Barat diperoleh hasil dimana dari 4 varietas unggul kedelai (Panderman, Agromulyo, Burangrang, dan Gepak Kuning) yang diuji, varietas Agromulyo mempunyai hasil tertinggi, yaitu rata-rata 2 ton/ha. Varietas tersebut mempunyai ukuran biji lebih besar, berat 100 bijinya lebih tinggi, biji hampanya lebih rendah, produksi ubinannya lebih tinggi dan warna kulit biji kuning cerah. untuk lebih lengkapnya hubungi email kami: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.