JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pendampingan PSDSK melalui Demonstrasi Inovasi Teknologi Sapi Potong di Lokasi SMD di Sumatera Barat

1. Judul RPTP

:

Pendampingan PSDSK melalui Demonstrasi Inovasi Teknologi Sapi Potong di Lokasi SMD di Sumatera Barat.

2. Unit Kerja

:

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Barat

3. Lokasi

:

Kabupaten Limapuluh Kota, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Sijunjung dan Kab. Solok.

4. Agro-ekosistem

:

Lahan Kering Iklim Basah (LKIB)

5. Status Penelitian (L/B)

:

L

6. Tujuan

:

  • Meningkatkan kemampuan SMD dan peternak dalam manajemen pemeliharaan sapi potong,
  • Memanfaatkan sumber daya lokal (limbah tanaman) dalam memenuhi kebutuhan pakan untuk meningkatkan produktivitas sapi potong mendukung PSDSK di Sumatera Barat,
  • Melihat persepsi dan tingkat adopsi peternak terhadap komponen teknologi yang diberikan.

7. Keluaran

:

  • Meningkatnya kemampuan SMD dan peternak di sekitar lokasi kegiatan dalam manajemen pemeliha-raan sapi potong.
  • Terlaksananya demonstrasi inovasi teknologi sapi potong di lokasi program SMD di Sumatera Barat. Dan dimanfaatkannya sumber daya lokal (limbah tanaman) sebagai bahan pakan ternak sapi untuk meningkatkan produktivitas ternak.
  • Teradopsinya komponen teknologi yang telah diberikan.

8. Hasil

:

  • Meningkatnya kemampuan manajemen pengelolaan ternak sapi bagi tenaga SMD dan kelompok petani sekitar lokasi SMD melalui pelatihan dan demonstrasi teknologi
    • Meningkatnya produktivitas sapi potong melalui pemanfaatan potensi sumberdaya lokal yang tersedia pengkajian.
    • Teradopsinya dengan baik seluruh komponen teknologi yang diberikan kepada peternak.
    • Dua buah Karya tulis ilmiah di Prosiding dan Jurnal.

9. Prakiraan Manfaat

:

Berkembangnya inovasi teknologi pemeliharaan sapi potong dengan memanfaatkan sumberdaya lokal (limbah tanaman) pada kelompok SMD dan sekitarnya.

10. Prakiraan Dampak

:

(i)        Meningkatnya produksi sapi potong dan pendapatan petani yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani.

(ii)      Terwujudnya swasembada daging sapi yag menjamin ketersediaan daging sapi untuk konsumsi domestik masyarakat Sumatera Barat.

11. Metodologi

:

Ruang lingkup kegiatan terdiri dari: perencanaan dan sosialisasi kegiatan pada Pemda sebelum kegiatan dimulai, dilanjuti dengan persiapan materi dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan demonstra-si, temu lapang sampai dengan pelaporan akhir.

Lokasi kegiatan direncanakan di 4 (empat) lokasi Sarjana Membangun Desa (SMD) sebagai lokasi Laboratorium Lapang (LL) masing-masing di Kabupaten Limapuluh Kota, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Sijunjung dan Kab. Solok. Demonstrasi teknologi dimaksudkan untuk membina kelompok SMD melalui kegiatan pendampingan dan bimbingan inovasi teknologi yang intensif (LL) dalam manajemen dan penyediaan pakan berbasis sumberdaya lokal di lokasi kelompok SMD dan sekitarnya. Kegiatan demonstrasi dalam Inovasi teknologi disesuaikan dengan potensi yang ada pada masing-masing kelompok. Disamping itu, kegiatan ini juga akan melaksanakan pelatihan teknologi dalam bentuk Sekolah Lapang (SL) bagi kelompok peternak yang berada di sekitar lokasi SMD. Peubah yang diamati meliputi: meningkatkatnya pengetahuan SMD dan peternak, tingkat pertumbuhan ternak, tingkat adopsi komponen teknologi.

12. Jangka Waktu

:

1 tahun

13. Biaya

:

Rp. 106.888.000 (Seratus enam juta delapanratus delapanpuluh delapan ribu rupiah). untuk lebih lengkapnya hubungi email kami: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.