JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pengelolaan Kebun Percobaan Sukarami

Pengelolaan Kebun Percobaan Sukarami tahun 2015, lebih diarahkan pada pemeliharaan plasma nutfah yang sudah ada yang ditanam/diusahakan beberapa tahun sebelumnya baik tanaman maupun ternak. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempertahankan dan memelihara asset yang sudah ada berupa plsma nutfah tanaman dan ternak seperti tanaman buah-buahan, tanaman perkebunan, tanaman sayuran, tanaman hijauan makanan ternak (HMT), ternak sapi Simental dan kambing Burka.

Pemeliharaan tanaman koleksi dan HMT yang dilakukan meliputi ; 1) penyiangan gulma dan sanitasi kebun dengan sistim manual dan herbisida, 2) Pemupukan dengan pupuk organik dan anorganik dengan dosis anjuran dan frekuensi 2 kali setahun, 3) penyiraman/pengairan, 4) pengendalian hama dan penyakit (menggunakan pestisida anjuran) serta penerapan paket pengendalian hama-penyakit terpadu (PHT).  Sedangkan pemeliharaan ternak (sapi dan kambing) meliputi; 1) pemberian pakan HMT bermutu, 2) pemberian pakan tambahan (kosentrat), 3) pemeriksaan dan pengendalian penyakit, 4) pelaksanaan perkawinan dengan sistim Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi sesuai dengan siklus berahi ternak, dan perkawinan alami pada kambing, 5) pencatatan bobot anak lahir dan perkembangan fisik (ditimbang setiap bulan).

Hasil kegiatan yang diperoleh terpeliharanya plasma nutfah dan berupa hasil panen tanaman yang dapat disetorkan berupa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) berasal dari tanaman pisang 550 sisir, alpukat 300 kg dan jagung manis 1.000 kg serta kelahiran pedet ternak sapi Simental 2 ekor dan 5 ekor anak kambing. 

Selain itu optimalisasi pemeliharaan plasma nutfah tanaman sering terkendala oleh berbagai gangguan seperti pengembalaan ternak secara liar/ilegal, pencurian hasil tanaman dan banyaknya penyerobotan lahan kebun percobaan oleh peladang ilegal serta perusakan pagar kebun percobaan oleh masyarakat sekitar kebun percobaan. Untuk Lebih Lengkapnya Klik Disini