JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan Pembuatan Kompos Jerami Padi

    JERAMI PADI yang selama ini dibakar, sekarang dianjurkan untuk dikembalikan ke sawah dalam bentuk kompos. Pelatihan membuat kompos jerami yang diikuti oleh 50 orang anggota Kelompok Tani Ranah Talang, Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2007. Dalam pelatihan ini, BPTP Sumatera Barat memperkenalkan alat perajang jerami (chopper) dan mikroorganisme Trichoderma harzianum untuk mempercepat proses pengomposan.

 

    Keuntungan yang diperoleh bila melakukan pengomposan jerami   adalah: limbah tidak terbuang, mencegah kerusakan lingkungan akibat pembakaran jerami, mengurangi pemakaian pupuk buatan (anorganik), serta dapat meningkatkan kesuburan tanah.

    Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama BPTP Sumatera Barat, khususnya Tim Prima Tani Sawahlunto/Sijunjung, dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat serta Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas yang

  Ir. Ardius Zubir, Kabid. Produksi Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung. Nara sumber pada pelatihan ini adalah Ir. Yanti Mala, M.Si dari BPTP Sumatera Barat. Tim Prima Tani Sawahlunto/Sijunjung.