JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Walikota Padang serahkan Bantuan Kambing untuk Poktan Binaan Prima Tani

ImageWALIKOTA Padang, Drs. H. Fauzi Bahar, M.Si, telah menyerahkan bantuan bergulir berupa lima ekor kambing untuk kelompok tani di kasawan Prima Tani Lubuk Minturun Sungai Lareh, Kota Padang. Penyerahan bantuan yang disaksikan Ketua DPRD Padang, Kepala Badan/Dinas/ Instansi lingkup Kota Padang, KTNA, Camat dan Lurah se Kecamatan Koto Tangah berlangsung di UPTD Perbenihan dan Pembibitan Sungai Lareh.

Fauzi Bahar mengharapkan, bantuan kambing dan fasilitas lainnya yang diserahkan hendaknya dapat dipelihara dan dikembangkan untuk dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Lubuk Minturun Sungai Lareh. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanakhut Kota Padang, Ir. Asnel, selaku Ketua Pelaksana Prima Tani Kota Padang, menyatakan bahwa peningkatan pendapatan masyarakat dewasa ini harus dilakukan dengan memanfaatkan teknologi tepat guna spesifik lokasi, karena tidak mungkin lagi melakukan perluasan areal pertanian.

Manajer Prima Tani Kota Padang, Dr. Nusyirwan Hasan, M.Sc, menjelaskan bahwa Prima Tani juga telah memberikan bantuan berupa bibit buah-buahan seperti melon, jambu biji, belimbing madu, anggur dan pisang unggul yang telah ditanam di pekarangan rumah penduduk dan sepanjang jalan utama di Sungai Lareh. Diharapkan dalam beberapa bulan ke depan, masyarakat telah menikmati hasil tanaman tersebut. Selain itu Prima Tani akan mewadahi dan mensinkronkan program lingkup pertanian Kota Padang, melestarikan sistem pertanian dan lingkungan serta mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh.

Koordinator teknis Prima Tani Kota Padang, Ir. Adrizal, mengungkapkan bahwa teknologi yang telah diberikan adalah teknik pemeliharaan kambing, bertanam padi secara legowo, budidaya tanaman sayuran dan buah-buahan, serta pembuatan jelly mentimun dan durian. Selanjutnya Ir. Ahmad Syufri, M.Si selaku koordinator kelembagaan Prima Tani Kota Padang menyatakan telah dan akan mengaktifkan kelompok tani dan menumbuhkan unit-unit kelembagaan baru. Inovasi kelembagaan yang telah dilakukan adalah menumbuhkan gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang diberi nama Agro Prima, kelompok tani Pertiwi Nursery, dan Kelompok Wanita Tani Prima Lestari. Dalam waktu dekat juga akan ditumbuhkan lembaga keuangan mikro agribisnis di kelurahan itu.(Ahmad Syufri)