JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Sumatera Barat merupakan Unit Pelaksana  Teknis (UPT) Badan Litbang Pertanian di daerah yang dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dikoordinasikan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Bogor. Dalam pelaksanaan tugasnya, BPTP Sumatera Barat diatur berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 16/Permentan/OT.140/3/2006 tertanggal 1 Maret 2006.

Kepala BPTP Sumatera Barat sebagai pejabat struktural  eselon III A membawahi 2 jabatan struktural  eselon IV A, yaitu: (1) Kepala Sub. Bagian Tata Usaha dan (2) Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian(SKPP). Kebun Percobaan, laboratorium, dan Labor Diseminasi berada dibawaah koordinasi SKPP.  Disamping itu, BPTP Sumatera Barat dalam mendukung aktifitas pengkajian didukung  4 Kelompok Pengkaji, (Kelji) yaitu: (1) Kelji Sumberdaya, (2) Kelji Budidaya, (3) Kelji Sosial Eknomi Pertanian, dan (4) Kelji Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian(MTHP). Mengingat luasnya cakupan tugas dan fungsi BPTP Sumbar serta memudah sinkronisasi perencanaan dan operasionalisasi kegiatan pengkajian dan proses diseminasi teknologi maka dibentuklah Koordinator Program dan Evaluasi (KPE). Dalam pelaksanaan tugasnya, semua unit kerja yang berada dalam lingkup BPTP Sumbar saling berkoordinasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Sampai saat ini, BPTP Sumbar telah merekomendasikan 48 paket teknologi pertanian yang mencakup varietas unggul baru, teknologi budidaya pertanian, teknologi pengolahan hasil pertanian, dan rekomendasi kebijakan peranian  secara spesifik lokasi dan  berwawasan agribisnis. Pendampingan BPTP Sumbar yang dilakukan dalam pelaksanaan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) padi sawah melalui display VUB (varietas unggul baru) padi sawah telah membantu 10 buah kabupaten/kota mendapat penghargaan Presiden RI tahun 2012 sebagai daerah yang  mampu meningkatkan  produksi padi diatas 5%. Disamping itu, Menteri Pertanian RI memberikan penghargaan kepada kota Padang sebagai pelaksana Model Kawasan Rumah Pangan Lestari terbaik tahun 2012. BPTP Sumbar saat ini juga melakukan pelaksanaan Model Pengembangan Pertanian Melaui Inovasi di Kabupaten Padang Pariaman dan Kabuypaten Pasaman Barat guna mendukung Program Gerakan Pensejahteraan Petani yang dicanangkan Pemeritah Propinsi Sumatera Barat yang pelaksanaannya selama 5 tahun dimulai pada tahun 2011.

 

STRUKTUR ORGANISASI BPTP SUMATERA BARAT

(SK Kepala BPTP Nomor : 001/OT.140/I.10.3/01/12, Tanggal 3 Januari 2012)