JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

LABORATORIUM DISEMINASI PADANG

LABORATORIUM DISEMINASI PADANG

 Laboratorium Diseminasi Padang merupakan unit fungsional dari BPTP-Balitbangtan Sumatera Barat yang melakukan pengkajian dan pengembangan diseminasi, serta perakitan materi diseminasi teknologi pertanian yang siap disebarluaskan kepada penyuluh, petani, dan pengguna lainnya. Terletakdi jalan utama Ibu Kota Provinsi Sumatera Baratyaitudi JalanKhatibSulaimanNo. 7 Padang, merupakan posisi yangsangat strategis. Di depan Laboratorium Diseminasi Padang terdapat Mesjid Raya Sumatera Barat yang berfungsi selain tempat ibadah juga menjadi icon objek wisata religi bagi pengunjung ke Kota Padang.

Gambar 1. Kantor Laboratorium Diseminasi Padang

Lingkungan Kantor, SaranadanPrasaran

Kantor Laboratorium Diseminasi Padang berukuran 35 x 36 meter persegi yang baru direnovasi pada tahun 2016. Laboratorium Diseminasi Padang memiliki lahan seluas  27.790 m2 yang terdiri dari lahan pekarangan kantor dan lahan perumahan. Lahan pekarangan terdiri dari lahan kering dan lahan rawa. Sebagian dari lahan kering telah dimanfaatkan sebagai Taman Agroinovasi (Tagrinov), pembibitan buah-buahan dan tanaman hias. Pada lahanTagrinov ditanam aneka tanaman sayuran dataran rendah, buah-buahan, bumbu dapur, tanaman obat dan tanaman hias.

Pada lahan pekarangan juga terdapat 3 unit rumah kawat yang diisi dengan tanaman hias dan bibit buah-buahan unggul seperti: mangga, durian, manggis, lengkeng, dll. Padabagian belakang kantor terdapat mushola namun saat ini daam keadaan rusak akibat gempa tahun 2009. Perumahan berjumlah 10 unit yang terdiridari: 1 unit rumah tipe B, 5 unit rumah tipe C dan 4 unit rumah tipe D.

Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM di Laboratorium Diseminasi Padang berjumlah 26 orang yang terdiri10 orang penyuluh, 1 orang peneliti, 2 orang tenaga teknis, 6 orang tenaga administrasi, dan 7 orang tenaga kontrak.

CakupanLayanan

Laboratorium Diseminasi Padang memberikan layanan inovasi pertanian melalui berbagai metode diseminasi, antara lain: 1) Diseminasi melalui media cetak dan elektronik; 2) Diseminasi melalui peragaan (display) di lahan melalui tagrinov, pembibitan buah-buahan dan tanaman hias; 3)Layanan konsultasi langsung maupun tidak langsung.

Tagrinov telah cukup banyak dikunjungi oleh kelompok tani, organisasi wanita, anak sekolah dan masyarakat secara perorangan, terutama pada saat pasar tani yang berlangsung setiap hari Ju’mat. Pasar tani menjual sayuran hasil tagrinov,  bibit buah-buahan dan tanaman hias. Tagrinov juga telah dikunjungi oleh Wakil Menteri Pertanian, Dr. Rusman Heriawan, Kepala Balitbangtan, Dr. Muhammad Syakir yang berkesempatan melakukan panen bawang merah.