JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Jus Buah Mangis

Produk minuman seperti juice sudah banyak dijumpai di pasaran, namun pada umumnya diformulasi dari bahan senyawa kimia sintetis dengan rasa, dan aroma disesuaikan dengan keinginan. Pembuatan jus dari bahan sintetis mudah dilakukan dan lebih ekonomis, namun sangat tidak baik efeknya terhadap kesehatan tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi menyebabkan kerongkongan terasa gatal dan menimbulkan batuk terutama pada anak-anak. Khusus juice manggis (Mangosteen Juice) di Indonesia masih langka atau belum ada ditemui. Juice ini bila dikonsumsi memberikan kesegaran dan tidak menimbulkan efek samping bila sering dikonsumsi, karena terbuat dari sari asli buah manggis dan mengadung nilai gizi yang cukup tinggi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai gizi juice tersebut pertakaran sajinya yaitu 150 ml  adalah: Xanthone 30 ppm ; vitamin B1 1,99 mg ;  B2 1,75 mg ; Vitamin B6 2,42 mg ;  Vitamin C 12,7 mg ; Calsium 24 mg ; Besi 7,2 mg ; dan 121 k kal/100 g.

Keunggulan Teknologi

Tidak menggunakan pengawet dan pewarna buatan, minuman menyegarkan dan menyehatkan karena mengandung xanthone 30 ppm disamping unsur-unsur lainnya.

Manfaat Teknologi

Meningkatkan nilai tambah bagi petani manggis dan pengusaha produk tersebut.

Spesifikasi Teknis/Deskripsi

Jus buah manggis terbuat dari daging buah yang sudah dipisahkan dari biji dan dihancurkan menjadi bubur buah dan diencerkan dengan penambahan air.

Uji Stabilitas Produk

  • Kemasan botol plastik bertahan selama 15-30  hari pada suhu ruang
  • Pada suhu dingin (0-4°C) dengan kemasan plastik bertahan selama 8 bulan

Apabila sterilisasinya dengan pasturizer yang memenuhi persyaratan vacum dan suhunya dapat diatur pada waktu tertentu dan penyimpanan terhindar dari cahaya matahari langsung, produk dapat disimpan lebih dari 30 hari.

Hasil uji pasar:

Dipasarkan pada pameran di Balai Kartini Jakarta, produk diminati pengunjung, dan stok habis terjual.