JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Eco Enzym Membuat Dan Mengaplikasikan

ECO-ENZYM (Ekoenzim)  adalah cairan yang banyak manfaat dari sampah organik rumah tangga yang berasal hasil limbah  dari buah-buahan dan sayuran mentah (yang belum dimasak atau diproses),  yang kemudian diolah secara fermentasi untuk selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.  Dengan adanya inovasi pemanfaatan limbah rumah tangga organic  bila dilaksanakan secara massif akan dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

PEMBUATAN ECO-ENZIM

Bahan

  • Sampah Organik (sayur atau buah mentah) segar bukan yang telah diolah
  • Gula Aren, Gula Tebu, Molases  bukan Gula Pasir
  • Air

Air yang digunakan adalah air bersih dapat berasal dari air gallon/isi ulang, air sumur, air buangan AC, Air hujan (yang ditampung langsung dari langit dan diendapkan 24 jam) dan air PDAM (diendapkan 24 jam mengurangi kaporit)

  • Perbandingan Sampah Organik  : Gula : Air = 3 : 1 : 10

Contohnya :

900g kulit buah : 300g gula : 3000  (ml) air     atau       300g kulit buah : 100g gula : 1liter air

Cara pembuatan:

  1. Tuang semua bahan ke dalam wadah, bisa juga menggunakan blender untuk mencacah limbah, kemudian campur gula dan air dalam wadah.

     2. Simpandi tempat yang kering dan sejuk tidak terkena matahari langsung , bersih dan ada perputaran udara.

     3. Biarkan selama 3 bulan, dan buka setiap hari di 2 minggu pertama, kemudian 2-3 hari sekali, kemudian seminggu seka Di minggu pertama akan ada banyak gas yang   dihasilkan.Kadang ada lapisan putih di permukaan larutan. Jika cacing muncul tambahkan gula segenggam, aduk rata kemudian tutup

    4. Setelah 3 bulan, saring eco enzyme menggunakan kain kasa atau saringan.

  5. Residu/Ampas dapat digunakan lagi untuk batch baru produksi dengan menambahkan sampah segar.

  6. Residu/Ampas juga bisa dikeringkan, kemudian diblender dan dikubur di dalam tanah sebagai pupuk tapi bukan untuk tanaman pot

HARUS DIPERHATIKAN

  • Gunakan wadah yang bermulut lebar dan dari palstik karena dalam proses fermentasi akan terbentuk gas, jangan wadah dari  logam karena akan berkarat dan kaca. Untuk ukuran tergantung jumlah bahan yang tersedia.
  • Semua sisa sayuran dan buah-buahan dapat digunakan untuk membuat eco enzyme kecuali yang sudah dimasak (digoreng, direbus dan ditumis), berjamur dan busuk , keras mengadung unsur kayu dan mengandung minyak seperti kelapa dan ampasnya
  • Eco-enzyme tidak akan pernah kadaluwarsa. Jangan simpan di kulkas.

TANDA  ECO-ENZIM BERHASIL DENGAN BAIK:

  1. Warna nya cerah sesuai dengan bahan yang kita gunakan. Namun warna ini akan sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung dengan bahan yang kita gunakan.
  2. Aroma nya sesuai dengan bahan (tidak berbau busuk) khas aroma asam segar khas hasil fermentasi
  1. Ada jamur putih. Kalau jamurnya hitam berarti
  2. pH dibawah 4
  3. Jika fermentasi berjalan dengan baik, larutan fermentasi akan beraroma alkohol setelah 1 bulan, dan beraroma asam segar seperti cuka setelah 2 bulan
  4. Kemunculan lapisan jamur berwarna dan lapisan seperti jeli pada larutan fermentasi adalah hal yang WAJAR.

MANFAAT CAIRAN ECO-ENZIM

  1. Sebagai Cairan Pembersih

Larutan pembersih komersial yang ada sekarang sering kali mengandung berbagai jenis senyawa kimia seperti fosfat, nitrat, amonia, klorin dan senyawa lain yang berpotensi mencemari udara, tanah, air tanah, sungai dan laut. Penggunaan Eco-enzyme sebagai larutan pembersih alami berkontribusi menjaga lingkungan bumi kita.

  1. 2. Pupuk tanaman

Eco-enzyme berguna untuk menyuburkan tanah dan tanaman, menghilangkan hama, dan meningkatkan kualitas dan rasa buah dan sayuran yang kamu tanam.

Aplikasi:

campurkan 30 ml Eco-enzyme ke dalam 2 liter air. Masukkan campuran larutan air dan Eco-enzyme ini kedalam botol semprot dan semprotkan ke tanah di sekitar tanaman atau langsung ke tanaman  kalau tanama terkontaminasi oleh hama.

Catatan:

  • Jangan gunakan 100% larutan eco-enzym ke tanah atau tanaman karena akan membuat tanah asam dan “membakar” tanaman.
  1. 3. Pengusir hama

Eco-Enzyme sangat efektif untuk mengusir hama tanaman seperti anggrek dan sayu- sayuran bahkan hama atau hewan yang mengganggu di sekitar rumah, seperti kecoa, semut, lalat, nyamuk, dan serangga lainnya.

Aplikasi:

campurkan 15 ml Eco Enzyme ke dalam 500 ml air. Masukkan campuran larutan air dan Eco-enzyme ini kedalam botol semprot dan semprotkan ke area yang kamu targetkan untuk bebas hama

Penyusun : Ir. Harmaini

Sumber   : Materi  Webinar BBPP Binuang Kalimantan Selatan