JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bima-19 Uri, Jagung Unggulan Masa Depan

Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) telah melepas varietas unggul baru (VUB) jagung hibrida BIMA 20-URI  (URI=Untuk Rakyat Indonesia). Bima 20 URI selain pernah ditanam di lahan lebak, saat ini juga ditanam di lahan kering.

Keunggulan jagung BIMA 20-URI  ini antara lain mempunyai potensi hasil tinggi 12,5 ton/hektar, tahan terhadap penyakit bulai, toleran penyakit karat dan bercak daun, toleran terhadap kekeringan, tahan rebah akar/batang serta stay green. Selain itu umur tanaman ini hanya 58 hari setelah tanam (50% keluar rambut) dan 102 hari setelah tanam (masak fisiologis) dengan tinggi tanaman 213 cm. Varietas ini lebih menguntungkan jika ditanam pada lahan sawah tadah hujan. Keragaan fisik tanaman BIMA 20-URI disukai oleh petani karena batangnya yang kokoh, besar dan berdaun lebar serta lebih lunak sehingga sangat disukai ternak sapi.

Sifat-sifat khusus jagung BIMA 20-URI ini antara lain potensi hasil tinggi (12,5 ton/ha pipilan kering pada KA 15%), rata-rata hasil ± 9,3 ton/ha pipilan kering pada KA 15%, kandungan karbohidrat ± 58,60%, kandungan protein ± 15,41%, dan kandungan lemak ± 11,98%.