JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tingkatkan Nilai Tambah & Pendapatan Dengan Pengolahan

Siapa yang tidak kenal dengan Cabai, Mentimun, Bengkoang dan Manggis ? sayur dan buah yang tergolong ke dalam komoditas hortikultura ini sangat mudah ditemukan disekitar kita. Sayur dan buah memiliki berbagai kandungan vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh terutama menjaga imunitas tubuh dari serangan berbagai penyakit. Biasanya sayur dan buah langsung dikonsumsi setelah dipetik dari kebun.

Sementara produk hortikulura merupakan komoditas pertanian yang mudah rusak (perishable) karena masih terjadinya proses metabolisme (proses respirasi) setelah dipanen. Salah satu cara agar mampu bertahan lama dan memilki nilai ekonomi lebih adalah melakukan pengolahan yang disesuaikan selera konsumen.

Bertempat di Rumah Produksi, BPTP Sumatera Barat, Kelti Mekanisasi dan Pascapanen mengadakan bimbingan teknis pengolahan komoditas hortikultura yang diikuti oleh penyuluh dan anggota UP3HP Kota Padang. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini (19-20 Maret 2020) diikuti 30 orang peserta diawali dengan pemberian materi kemudian praktek olahan produk. Bimtek dimoderatori dan dipandu oleh Ir. Kasma Iswari, MSi (Ketua Kelti) dibantu Tim Kelti, Srimaryati, S.TP dan Iwan Setiawan, STP, MSi.

Adapun produk olahan yang dibuat yaitu manisan buah, sirup buah, jelly drink dan es krim yang semuanya berbahan baku hortikultura (Cabai, Mentimun, Bengkoang dan Manggis). Diharapkan seusai bimtek ini, peserta mampu mengaplikasikan materi kegiatan sebagai salah satu peluang usaha produk olahan pertanian sehingga tidak ditemukan lagi komoditas hortikultura yang terbuang percuma saat panen melimpah (is).

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)