JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Sumbar Dikunjungi Anggota Komisi IV DPR RI

Sukarami, 13 Maret 2020. Dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan, anggota Komisi IV DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat I Dr. H. Hermanto,SE,MM di dampingi Kepala Dinas Pertanian Kab. Solok Si Is,SP,MM serta Ketua KTNA Kab. Solok Al najmi M Gafar mengunjungi BPTP berbincang-bincang tentang isu pembangunan pertanian di ranah minang.

Ajo Sidi Hermanto, sapaan akrab beliau berharap agar Balitbangtan melalui BPTP bisa melakukan pengawalan terhadap pengembangan varietas padi sawah lokal, sehingga ketika ada pengadaan benih padi dari Ditjen teknis bisa dibeli dari penangkar-penangkar padi sawah lokal. Anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan benih padi lokal cukup besar dan itu sudah dikawal oleh beliau. Selain itu perlu adanya kebijakan membeli beras lokal Sumatera Barat dengan skim harga beras premium oleh BULOG sehingga bisa menampung hasil panen petani. Ajo Sidi Hermanto juga berharap hasil-hasil penelitian yang dihasilkan bisa digunakan oleh petani, perlu kegiatan diseminasi yang menyeluruh sehingga bermanfaat buat petani.

Kepala BPTP Sumatera Barat Dr. Drs. Jekvy Hendra,M.Si didampingi Kepala Seksi Kerja Sama Pengkajian dan Pengembangan Arya Waita,SP, Koordinator Koordinasi Program dan Evaluasi Sumilah,SP, Sekretaris Kepala BPTP Sumbar Heru Rahmoyo,S.TP,

Pada kesempatan itu memaparkan peran Balitbangtan melalui BPTP Sumbar, seperti melepas padi sawah lokal sampai pendampingan penangkar padi sawah yang ada di Sumatera Barat. Untuk itu  melalui Dinas Pertanian Kab. Solok diharapkan  usulan program pembangunan Rice Milling Unit (RMU) sehingga hasil panen bisa dikelola langsung oleh kelompok tani dan mendatangkan keuntungan bagi kelembagaan petani. Dr.Jekvy Hendra juga menerima masukan Ajo Sidi Hermant dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan beliau.

KTNA dan Dinas Pertanian Kab. Solok juga tertantang dengan usulan Kepala BPTP Sumatera Barat untuk menghasilkan benih padi lokal unggul sehingga bisa memenuhi permintaan benih padi unggul di Sumatera Barat serta provinsi tetangga. Selain hal diatas, juga disinggung tentang perkembangan populasi ayam KUB di Sumatera Barat dan perlu penambahan daya produksi DOC ayam KUB oleh Balitbangtan untuk memenuhi kebutuhan peternak Sumatera Barar. (hre)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)