JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Penyuluhan Pertanian PNS

Depok, 4 Maret 2020 Penyuluh harus pintar agar petani juga pintar demikian antara lain pengarahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Peetanian (Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi M. Agr) pada pembukaan Bimtek Penguatan Kapasitas dan Kompetensi Penyuluh Pertanian PNS Di Hotel Santika, Depok, 2 Maret 2020  Kegiatan diikuti oleh 34 orang penyuluh BPTP, 3 orang penyuluh BPPSDM, Penyuluh Pertanian Provinsi se Indonesia dan ada juga penyuluh Kabupaten dan Kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut Ka Badan PPSDMP juga menegaskan bahwa penyuluh adalah otaknya petani, penyuluh adalah sumber inspirasi petani dan sumber referensi petani sehingga baik buruknya petani mencerminkan penyuluhnya.Selain itu ditegaskan pula bahwa penyuluh adalah kopasusnya petani dan meningkatkan kinerja penyuluh harus dibuktikan oleh peningkatan produktivitas, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani dan peningkatan eksport.

Sebagai kopasusnya petani, maka penyuluh pertanian harus memiliki kemampuan, keahlian, dedikasi dan semangat di atas rata-rata untuk mensukseskan pembangunan pertanian di Indonesia.

Hal lain yg menjadi penekanan Kepala Badan PPSDMP bahwa penyuluh harus dirindukan oleh petani dan juga dirindukan oleh pimpinan yang menunjukkan adanya proses interaksi yang baik sehingga petani maupun pimpinan merasa nyaman dan jangan sampai terjadi bahwa 'ada atau tidak adanya penyuluh tak ada bedanya'.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kapusluhtan (Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc) mengenai Kebijakan Pembangunan Pertanian Mendukung Kostratani) .

Dalam kesempatan tersebut Kapusluh memberikan penjelasan mengenai operasional kegiatan Kostratani dan telah dijadwalkan bahwa setiap Jumat pukul 08.00-11.00 akan dilaksanakan MENTAN SAPA PENYULUH DAN PETANI melalui Video Conference dengan memanfaatkan AOR. Sehingga diharapkan agar kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Cukup banyak informasi yang diperoleh oleh peserta bimtek dengan narasumber dari BKN, biro OKE dan BPPSDMP, terutama tentang administrasi penyuluh, masalah kredit point penyuluh, dupak online;  dll. Para peserta cukup puas dengan materi yang disampaikan dan penjelasan dari narasumber atas pertanyaan dari para peserta..(Elros)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 0.00 (0 Votes)