JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Sosialisasi Pendampingan Petani Milenial di Pesisir Selatan

Painan, 13 Agustus 2019. Tim pendampingan petani milenial BPTP Sumatera Barat melakukan sosialisasi dan koordinasi pendampingan ke Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Pesisir Selatan. Tim menemui Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan, Joni Asmal, SP. Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, tim pendampingan petani milenial BPTP (Heru Rahmoyo, STP, dan Iwan Setiawan, STP, MSi) menyampaikan bahwa untuk tahun anggaran 2019 pendampingan petani milenial titik poin nya dalam hal pengumpulan data petani milenial kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat serta sosialisasi program yg akan dilaksanakan tahun 2020.

Gayung bersambut, Joni Asmal, SP mengapresiasi kegiatan yg digagas Kementerian Pertanian. Khususnya di tingkat pelaksanaan oleh BPTP. Menurut beliau memang perlu regenerasi petani untuk masa depan pertanian di daerah khususnya dan nasional umumnya. Kepala bidang juga menyampaikan harapan bahwa hendaknya dalam pendampingan program petani milenial, selain dibekali Skill berbasis Revolusi Industri 4.0, perlu diberi bantuan permodalan mulai dari hulu sampai hilir. Karena permasalahan utama yg masih menghantui petani lokal yaitu soal permodalan.

Bapak berpenampilan low profil ini menambahkan tentang informasi topografi Pesisir Selatan yg datar, maka perlu pengadaan bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) yang cukup banyak yaitu Indo Jarwo Transplanter dan Mini Combine Harvester (untuk tanaman padi dan jagung). Dimana nanti nya alsintan dapat digunakan oleh petani milenial yg sudah dibekali ini.

Tim BPTP menyampaikan bahwa petani milenial ini nanti nya diarahkan pada penggarapan komoditi lokal unggulan Pesisir Selatan seperti Kopi Robusta dan Gambir sehingga dikenal luas di tingkat provinsi dan nasional. Sebelum tim petani milenial pamit, Joni Asmal, SP menyerahkan data laporan petani milenial untuk 2 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di Pesisir Selatan. Data berikutnya akan segera di update dan dilaporkan berkala kepada tim petani milenial. (is)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)