JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Balitbangtan Goes To Campus Melalui Penanaman Benih Manggis Dan Durian Di Kampus Pertanian Universitas Andalas Padang

Dalam rangka Program  Pekan Penghijauan di  Universitas Andalas (Unand) Padang dan BAKTI Mahasiswa baru TA. 2019/2020 di kampus Fakultas Pertanian Unand Padang diselenggarakan Pekan Peduli Lingkungan yang bekerjasama dengan Balitbangtan yang berada di Sumatera Barat yaitu Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Solok dan BPTP Sumbar. Hadir pada pertemuan tersebut Rektor Unand Padang Prof. Dr.Tafdil Husni, SE. MBA, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Munzir Busniah, M.Si, Kepala Balitbu Tropika Solok Dr. Ir. Elli Mansyah, M.Si, Kepala BPTP Sumbar diwakili Dr. Ir. Dedi Azwardi, MP, Ketua Jurusan lingkup Fak. Pertanian Unand serta para Mahasiswa baru TA. 2019/2020.

Pada sambutanya Dekan Faperta Unand menyampaikan sudah saatnya kampus melakukan penghijauan dengan menanam  benih Manggis dan Durian di seputaran kampus. Ada beberapa keuntungan dengan melakukan penghijauan dengan pohon manggis dan durian, antara lain kanopinya teduh, sampahnya kurang dan menghasilkan. Bantuan bibit Manggis 500 batang dan Durian 500 batang akan ditanam  di lingkungan kampus. Dua komoditi tanaman buah ini  merupakan bantuan dari Balitbu Tropika Solok, semoga nantinya akan tumbuh dengan baik jika kita intensif dalam pemeliharaannya demikian Munzir mengakhiri sambutannya.

Kepala Balitbu Tropika Solok Dr. Ir. Elli Mansyah pada sambutannya menyampaikan ucapan  terimkasih kepada Rektor Unand Padang yang telah mewujudkan penghijauan dgn tanaman buah. Selama ini kampus sudah hijau tetapi  tidak menghasilkan, maka sudah saatnya ditanam dengan tanaman buah yang punya potensi untuk di ekspor. Balitbangtan punya program perbenihan, Balitbu dengan BPTP Sumbar menyerahkan 500 benih durian 500 benih manggis. Pada komoditi Durian akan dibuatkan  kebun induk durian, ada 2 benih sumber untuk dikembangkan  sebagai entres dan benih sebar. Varietas durian yang ada yaitu Varietas Sitokong. Pelangi dan Matahari.

Harapan Ka Balitbu agar buah ini dipelihara degan baik. Durian 3 thn bisa panen dan Manggis 5 tahun bisa panen. Rektor Unand menyatakan Program Penghijauan Kampus merupakan kegiatan yang positif dan mengucapkan terima kasih kepada Balitbu Tropika Solok. Pohon pohon yg ditanam nantinya bisa menjadi tempat berteduh dan buahnya bisa dimakan serta harus ter Inovasi green campus  yang terus dikembangkan lebih luas.

Acara selanjutnya dilakukan penanda tanganan bantuan antara Rektor dengan Kepala Balitbu Tropika Solok serta dilakukan penyerahan bibit ke petani  buah durian binaan Faperta Unand. Selanjutnya dilakukan penanaman perdana bibit durian oleh Rektor Unand dan peserta lainnya. (DA).

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)