JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Teknologi Jarwo Sisip Jagung Pada Workshop Penyuluh Pertanian Swadaya Kabupaten Sijunjung

Sijunjung. Sebanyak 70 orang Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) telah mengikuti workshop selama sehari (Kamis, 8 Agustus 2019) di aula Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.

Workshop yang dibuka Kabidluh (Yusuf Efendi) mewakili Kadistan ini menghadirkan narasumber dari Balitbangtan BPTP Sumbar dan Distanhorbun Provinsi Sumbar. Membahas topik tentang inovasi teknologi dan kelembagaan.

Balitbangtan BPTP Sumbar yang diwakili oleh peneliti (Ir.Atman Roja,M.Kom) memaparkan tentang inovasi teknologi jarwo sisip pada tanaman jagung dan perbanyankan benih jagung hibrida di tingkat petani.

Menurut Atman Roja, teknologi jarwo sisip ini mampu meningkatkan indeks pertanaman jagung (IP) menjadi 4. Artinya, empat kali tanam dan panen dalam setahun. Sedangkan teknologi perbanyakan benih jagung hibrida (BIMA 19 URI dan BIMA 20 URI) mampu menyediakan benih hibrida dengan harga murah untuk petani yaitu hanya Rp.30.000/kg (harga saat ini dipasaran berkisar Rp.75.000-100.000/kg).

Selanjutnya beliau mengharapkan agar lahan sawah tadah hujan yang selama ini bera akibat kurangnya air dapat digilir dengan tanaman jagung sehingga tahun-tahun mendatang Kabupaten Sijunjung bisa menjadi sentra tanaman jagung. Peserta sangat antusias dengan teknologi ini, terbukti dengan banyaknya peserta menanyakan lebih detail. (ATR)  1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (3 Votes)