JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sumbar Berpartisipasi Dalam Bimtek Teknoligi Ramah Lingkungan Di Balingtan

Salah seorang penyuluh BPTP Balitbangtan Sumbar, Ir. Rifda Roswita, M. Si., sebagai penanggung jawab kegitan kajian model desa organik berkesempatan mengikuti Bimbingan Teknis Teknologi Ramah Lingkungan yang dilaksanakan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) di Pati Jawa Tengah, 1 - 7 Juli 2018. 

Bimtek Teknologi Ramah Lingkungan merupakan salah satu dari  5 (lima) rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Balingtan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Bumi dengan tema "Lahan sehat, bangsa hebat". Kegiatan lainnya adalah Gelar Teknologi Ramah Lingkungan, Bazar Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan, dan Lomba Mewarnai.

Kepala Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M. Agar. yang mewakili Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa tanah bukanlah warisan nenek moyang tapi titipan dari Yang Maha Kuasa untuk anak cucu yang harus dijaga dengan baik. Tanah Sehat akan menghasilkan tanaman yang sehat, yang sudah pasti akan menghasilkan pangan yang sehat pula. Manusia yang mengokonsumsi pangan sehat akan menghasilkan manusia yang sehat dengan ide-ide dan gagasan yang brilian.

"Bila dulu kita mempunyai persepsi bahwa  pertanian organik produkvitasnya  lebih rendah, namun sekarang pertanian organik hasilnya tidak kalah dengan pertanian konvensional. Produksi padi organik bisa mencapai 8 t/ha, semangka bisa dihasilkan 7 kg/bh,  dan melon 3-4 kg/bh. Hal ini karena pertanian organik saat ini telah berkembang, tidak hanya sekedar menggunakan bahan organik tetapi ditambah dengan dekomposer, pupuk hayati, dan hormon sehingga produktivitas bisa lebih tinggi" jelas Dedi Nursyamsi.

Bimtek diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari peneliti lingkup BBSDLP,  peneliti/penyuluh se Indonesia, petani, komunitas pertanian organik (3G O), Perguruan Tinggi, dan penggiat pertanian ramah lingkungan. Hasil Bimtek akan diterapkan pada kegiatan Kajian Model Desa Organik di Kelompok tani Batang Kuruak Kecamatan Lintau Buo Kab. Tanah Datar. (RR)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)