JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pra Monev Kegiatan Tahun 2018 Perbenihan Durian Dan Manggis

Perbenihan durian dan manggis merupakan bagian dari kegiatan perbenihan hortikultura pada tahun 2018 di BPTP  Sumbar. Untuk perbenihan durian dilaksanakan di KP Bandar Buat Padang, sedangkan manggis  di Labdis Padang. Penyediaan bibit durian sebanyak 7.500 batang terdiri dari 3 varietas yaitu varietas Matahari, Hepe dan Kane. Dilakukan dengan sistem penyambungan dengan batang atas 3 varietas tersebut.

Saat ini di lapangan telah tersambung sejumlah 2.6027 batang dari 3 varietas durian dengan umur 1 minggu. Untuk penyambungan berikutnya akan dilakukan 2 minggu lagi sesuai kondisi lapang. Penyambungan dilakukan oleh teknisi dan peneliti dari Balitbu Tropika Aripan Solok serta teknisi dari BPTP Sumbar di KP. Bandar Buat Padang. Kondisi pertanaman sudah bertunas yang menandakan penyambungan sudah berhasil dan perlu perawatan lanjutan. Kepala KP. Bandar Buat Agusviwarman, SPt mengungkapkan kegiatan dapat terlaksana dengan dukungan bersama antara semua pihak yang terkait.

Untuk kegiatan perbenihan manggis yang dilaksanakan di Labdis Padang saat ini kondisi lapang sudah tumbuh tanaman manggis sebanyak 750 batang dengan kondisi umur tanaman 1 bulan. Varietas  manggis yang digunakan yaitu varietas Kaligesing yang didatangkan dari daerah Cipaku Bogor.  Pertanaman masih dalam perawatan agar tetap dalam keadaan baik. Teknisi dari Labdis Padang yaitu Fadli Hendrawan, SP didampingi penyuluh pertanian Yohana, SP memberikan informasi tentang perkembangan perbenihan manggi dan sampai saat ini belum ditemui permasalahan teknis. Pra Monev yang dilaksanakan pada 30 Mei 2018 oleh Dr. Ir. Dedi Azwardi, MP dan Yunasri, SP dilaksanakan untuk memantau kondisi tahapan pelaksanaan lapang kegiatan perbenihan durian dan manggis  sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh penanggung jawab kegiatan perbenihan.

Hal ini sesuai dengan saran Ka BPTP Sumbar Dr. Drs. Jekvy Hendra, MSi bahwa sebelum pelaksanaan Monev on going dilakukan perlu diadakan pra monev sehingga segala aktifitas kegiatan litkaji dan diseminasi dapat terpantau dan segala  permasalahan lapang lebih cepat diketahui serta dapat dicarikan solusinya dalam pelaksanaannya. Kegiatan ini merupakan progres baku untuk tahun berikutnya. (DA)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)