JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Perdana Kompos Organik Kelompok Tani Batang Kuruak

Lintau - Meski dalam suasana melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan  1439 H, kelompok tani Batang Kuruak Jorong Melati Nagari Lubuak Jantan Kec Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar dengan semangat memanen kompos organik kotoran ternak hasil pelatihan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu (23/5).

Didampingi Ir. Rifda Roswita, M.Si dan Ir. Harmaini dari BPTP Balitbangtan Sumatera Barat anggota kelompok memastikan bahwa kompos yang mereka buat benar-benar sudah masak dan dapat dimanfaatkan. Kepuasan karena telah berhasil membuat kompos kotoran ternak organik terpancar di wajah anggota, karena kalau sebelumnya mereka masih menggunakan pupuk organik buatan pabrik sekarang mereka sudah mampu memproduksi sendiri. “Kami lebih yakin dengan kualitas pupuk yang dibuat karena tahu susunan bahannya yang diperkaya dengan daun titonia, ungkap Huswaldi ketua kelompok.

Kompos organik yang telah dikeringanginkan langsung dikemas dan dibagikan kepada anggota untuk dimanfaatkan di lahan padinya masing-masing. Pada diskusi juga dianjurkan untuk memanfaatkan bio urine yang telah dibuat sebagai pupuk cair sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, didampingi oleh POPT dan penyuluh lapang diharapkan kelompok sudah mulai melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses sertifikasi sehingga ketika masa konversi habis, kelompok dapat segera mengajukan proses sertifikasi padi organik. (NN)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)