JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Programa Penyuluhan Pertanian, Satukan Langkah Penyuluh Pembina Petani

“Penyuluh adalah mitra petani dalam melaksanakan usahataninya, dengan berbagai karakter dan kemampuan menjadi tugas penyuluh untuk bisa meningkatkan kapasita dan kualitas petani  khususnya dalam rangka menghadapi swasembada pangan,” demikian disampaikan Prof.Dr, Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat saat menjadi Keynote speaker pada Pertemuan Koordinasi Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Provinsi Sumatera Barat 2018 di Padang 14 Mei 2018.

“Oleh karena itu penyuluh harus benar-benar hadir ditengah-tengah petani untuk mengupgrade ilmu, cara, kebiasaan cara tanam dan seterusnya agar produksi meningkat sehingga melebihi angka rata-rata produksi saat ini, apalagi dizaman “now” sekarang ini  semua cara dan ilmunya ada kalau masih ada yang dibawah produksi rata-rata pasti ada yang salah dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama itu baru dari sektor tanaman pangan belum sektor lainnya,”  ungkap gubernur. Penyuluh adalah mitra pemerintah dan petani. Fungsi penyuluh adalah mengalihkan teknologi, cara, memberikan arahan, ilmu karenanya penyuluh harus  melek ilmu pengetahuan, banyak sumber-sumber ilmu pengetahuan yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga  penelitian pertanian namun kita tidak menutup mata bahwa masih banyak petani yang terpaku pada kebiasaan lama. Belum  lagi kita berbicara kualitas oleh karena itu seorang penyuluh dituntut untuk profesional dan punya kepedulian untuk suksesnya petani. Banyak harapan kepada penyuluh, maka kebutuhan penyuluh juga harus maksimal dan harus dibekali dengan anggaran untuk melengkapi kebutuhan dari infrastrukturnya dan yang pasti ilmunya melalui bimbingan teknis dan ini hendaknya juga tergambar dalam programa yang dihasilkan demikian harapan gubernur.

Ir. Chandra, MM kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Baat dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar ada sinkronisasi dan integrasi perencanaan kegiatan pembangunan pertanian dari semua unsur dalam bentuk Programa Penyuluhan Pertanian yang akan dijabarkan oleh  para penyuluh selaku ujung tombak dilapangan dalam bentuk Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKP).

Pada acara temu koordinasi penyusunan programa penyuluhan pertanian juga bertindak sebagai nara sumber Kapusluhtan yang diwakili oleh Ir. I.Wayan Ediana, M.Si , Kadis Peternakan dan Kesehatan  Hewan, Kadis Pangan, BAPPEDA dan Kadis TPHP. (NN)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)