JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Tanam Perdana Kaji Terap Kedelai

Tapus - Satu hari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, BPTP Sumbar bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman melaksanakan Tanam Perdana Kaji Terap Budidaya Kedelai pada hamparan kelompok Palito Tani Nagari Bahagia Kecamatan Padang Gelugur Kabupaten Pasaman (16/5).

Kaji terap melibatkan penyuluh dari 4 (empat) kecamatan, yaitu Kec. Padang Gelugur, Panti, Rao, dan Rao Selatan, dimana Kec. Padang Gelugur sebagai percontohan/pembelajaran penerapan inovasi dan 3 (tiga) kecamatan lainnya sebagai daerah penyebaran inovasi. Selain penyuluh dari keempat kecamatan, turut hadir Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kab. Pasaman, Afrianto, S. Pt. beserta staf, petugas BPSB serta anggota kelompok Palito Tani sebagai pelaksana kaji terap.

Sebelum penanaman dimulai terlebih dahulu diberikan penjelasan tentang rancangan kaji terap oleh Dr. Zul Irfan, MS serta pengendalian hama dan penyakit oleh Ir. Farida Artati. Rancangan kaji terap telah disusun bersama penyuluh saat Bimtek tanggal 27 April yang lalu. Dijelaskan kembali oleh Zul Irfan bahwa kaji terap dilaksanakan dengan 5 (lima) judul, yaitu: 1) Pengujian 3 varietas kedelai (Anjasmoro, Devon 1 dan Burangrang), 2) Pengaruh jarak tanam dalam barisan terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai, 3) Kajian tumpang sari kedelai dan jagung, 4) Efisiensi penggunaan pupuk dengan pemakaian Rhizobium Ultra Mic, dan 5) Jajar legowo pada kedelai. "Masing-masing penyuluh bertanggung terhadap kajiannya masing-masing", tegas Zul Irfan. Di akhir acara, penanggung jawab kegiatan, Ir. Rifda Roswita, M.Si berpesan kepada petani kooperator agar benar-benar menerapkan teknologi sesuai dengan yang telah dijelaskan. (Hanif)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (1 Vote)