JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Penyuluh Kota Pariaman

Pariaman - Karya Tulis Ilmiah (KTI) bukan hanya diwajibkan bagi peneliti. Penyuluh juga diwajibkan menyusun KTI sebagai bahan angka kredit, terutama bagi penyuluh Madya dan Utama, yang mana untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi pejabat fungsional penyuluh pertanian jenjang Madya dan Utama wajib mengumpulkan minimal 12 angka kredit berasal dari KTI. KTI diapresiasi cukup tinggi dalam angka kredit dengan nilai 2 s/d 12,5. Sayang jika tidak dimanfaatkan. Hal tersebut disampaikan oleh penyuluh BPTP Balitbangtan Sumbar, Ir. Rifda Roswita, M.Si., saat menjadi narasumber dalam pelatihan penyusunan KTI yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman, Jum'at (11/5).

Pelatihan yang berlangsung di Ruang Pertemuan BPK Pariaman Selatan dibuka oleh Sekretaris Dinas, Ir. Dewi Sastra, MM. Diungkapkan Dewi bahwa peserta pelatihan tidak terbatas hanya untuk penyuluh yang berjumlah 32 orang tetapi juga untuk pegawai yang berminat untuk menulis. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh dalam menulis KTI sehingga dapat dihasilkan tulisan yang baik. Untukmenampung hasil KTI, dinas telah menerbitkan "Buletin Sahabat Tani" yang terbit 4 (empat) kali setahun. Meningkatkan motivasi dalam menulis, tahun ini juga akan diselenggarakan Lomba KTI, tambah Dewi.

Rifda Roswita yang juga penyuluh, menjelaskan bahwa KTI bisa berupa hasil penelitian, hasil pengkajian atau hasil pemikiran ilmiah. Secara garis besar KTI terbagi dua, yaitu KTI "murni" dan Karya Tulis Ilmiah Populer. KTI yang diutamakan bagi penyuluh adalah KTI yang membahas bidang penyuluhan pertanian. Selanjutnya dipaparkan bagaimana struktur dan kaidah-kaidah dalam penulisan KTI tersebut secara rinci yang disertakan dengan contoh-contohnya.

Pelatihan  diikuti dengan antusias oleh peserta, terbukti dengan banyaknya yang bertanya dan minta dinilai tulisan yang telah diterbitkannya dalam buletin  Sahabat Tani. Nampak bahwa potensi cukup besar namun perlu diasah. (RR)

1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Rating 5.00 (2 Votes)