JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Dengan Semangat Dan Sinergisitas Optimalkan Pemanfaatan Lahan Tidur & Rawa Di Pesisir Selatan

Kamis (8/2) Rombongan Komisi II DPRD Kab. Pesisir Selatan sebanyak 15 orang berkunjung ke BPTP Sumbar, Pada kesempatan  ini Julianovia, SH Pimpinan rombongan menyampaikan maksud kedatangan ke BPTP Sumbar adalah untuk mensinergikan program komisi II yang membidangi pertanian,  hortikultura dan tanaman pangan dengan BPTP Sumbar. Lebih lanjut Julianovia mengatakan bahwa Tema dari Kegiatan ini "Pemanfaatan Lahan Tidur dan Rawa di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara itu,kepala BPTP Sumbar Dr. Chandra Indrawanto menjelaskan bahwa BPTP Sumbar juga telah melakukan kegiatan UPSUS Pajale dengan menempatkan Lo di Kabupaten Pesisir Selatan, "bahkan di Pesisir Selatan, peneliti kita telah berhasil melakukan pengkajian jagung varietas Nasa 29 yang merupakan jagung bertongkol dua dan sangat cocok untuk wilayah pesisir selatan" tambahnya. Sesi diskusi dibuka dengan pemaparan tentang keragaan lahan sawah di Pesisir Selatan oleh  Ir. Ismon. L MSi peneliti BPTP Sumbar. Menurut Ismon lahan rawa yg diusahakan untuk padi sawah seluas 378 Ha, yang teridiri lahan rawa lebak seluas 308 ha dan lahan pang surut seluas 70 Ha. Lahan rawa umum didominasi oleh tanah gambut dan sebagian kecil tanah sulfat masam. Kedua jenis tanah  ini perlu perbaikan teknologi, diantaranya pengaturan tata kelola air, pemberian bahan amelioran, penanaman varietas toleran seperti Inpara 3 dan 6 serta pemupukan yang tepat.

Dalam diskusi tersebut, Pirin S dari Fraksi PKB menyampaikan harapan untuk kerjasama dengan BPTP Sumbar, dimana kendala di Kecamatan Langayang yang dulunya lahan produktif sekarang telah menjadi lahan pasang surut, diharapkan solusi teknologi dari BPTP Sumbar. Terakhir, Beni Jovial dari Fraksi PKS juga menyampaikan harapannya agar ada diskusi lebih lanjut untuk menentukan langkah-langkah kedepan yang akan diturunkan menjadi sebuah kebijakan dari daerah dalam rangka peningkatan pemamfaatan lahan terlantar dan peningkatan produktivitas lahan eksisting.

Acara kunjungan ini ditutup oleh Kepala BPTP Sumbar dengan penegasan bahwa potensi lahan rawa di Indonesia cukup besar, namun pemanfaatannya belum optimal. Saat ini Pemanfaatan Lahan Rawa merupakan salah satu program utama Kementan. (SA/w)