JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
003757
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
672
610
3757
0
3757
0
3757

Your IP: 54.167.29.208
2018-02-25 23:33

Mahasiswa UNAND Praktek di Laboratorium BPTP Sumbar

MahasiswaFakultas Teknologi Pertanian bidang kajian Teknik Pascapanen Universitas Andalas (UNAND) melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Laboratorium  Pascapanen dan Rumah Produksi BPTP Sumatera Barat.  PKL ini dilaksanakan  selama 30 hari kerja dari tanggal 29 Desember 2017 sampai 2 Februari 2018. Kegiatan ini dibimbing oleh peneliti bidang pascapanen, yaitu Ir. Kasma Iswari, M.Si dan Srimaryati, S.TP.  Dalam pelaksanaannya mereka dibekali ilmu (teori dan praktek) mengenai teknikpascapanen dan teknologi pengolahan hasil pertanian, diantaranya pengolahan tomat, nanas, labu kuning dan pisang. Hampir setiap tahun ada siswa SMK atau mahasiswayang melaksanakan PKL di sini, bahkan ada pula yang melakukan penelitian.

Menurut Zamzaini Ahyati (Yati) salah seorang mahasiswa yang diwawancarai di sela-sela kegiatanmenuturkan rasa senangnya bisa melaksanakan PKL di BPTP Sumbar. “Saya memilih PKL di sini karena ada rekomendasi dari senior bahwa di BPTP Sumbar terdapat kelompok  bidang kajian yang sesuai dengan bidang kajian kami di kampus yaitu bidang kajian pascapanen sehingga di sini kami dapat mengaplikasikan ilmu yang kami peroleh di bangku perkuliahan dan memperkaya ilmu yang kami miliki.”ungkapnya.

Selain teknik pascapanen dan teknologi pengolahan hasil mereka juga diajarkan analisis laboratorium seperti pengukuran kadar air, TPT, volume danratio pengembangan, serta uji organoleptik produk  olahan yang dihasilkan. “Di sini kami banyak mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai teknologi yang sudah dihasilkanoleh tim pascapanen khususnya dan BPTP Sumbar umumnya” ujar Yati menambahkan (Mela Kuswenti).