JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Semangat Kerja 2018, BPTP Sumbar Adakan Seminar Proposal

Mengawali kegiatan tahun 2018, BPTP Sumatera Barat mengadakan seminar proposal kegiatan Pengkajian dan Diseminasi yang diikuti oleh Kasie KSPP, KTU, Tim Pembahas, Peneliti, Penyuluh, Litkayasa dan Teknisi , Senin (29/1). Seminar proposal dilaksanakan selama 3 hari hingga Rabu mendatang. Seminar dibuka oleh kepala BPTP Sumatera Barat Dr. Ir. Chandra Indrawanto, M.SC.

Menurutnya, untuk hasil yang lebih baik, kedepan seminar proposal perlu menghadirkan pihak pihak dari luar yang terkait dengan kegiatan Pengkajian dan Diseminasi teknologi yang dilaksanakan di BPTP Sumatera Barat, seperti Perguruan Tinggi dan Dinas terkait sehingga bisa memperoleh masukan untuk pelaksanaan kegiatan dilapangan. Chandra juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan BPTP merupakan kegiatan Pengkajian dan Diseminasi, bukan kegiatan penelitian karena BPTP merupakan Balai Pengkajian, “Seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan diadakan temu lapang untuk mendiseminasikan teknologi yang sudah di kaji” Pungkasnya. Ditambahkan pula bahwa kegiatan yang dilaksanakan harus di Monitor dan di Evaluasi, ini merupakan tugas dan fungsi tim Monev untuk memonitor jalan nya kegiatan setiap bulan dan mengevaluasinya pada tiap Triwulan,Semester dan Tahunan, “jadi tugas tim monev bukan hanya untuk laporan tetapi memantau jalannya kegiatan sesuai dengan SOP, pelaksanaan harus sesuai dengan teknologi karena kita melakukan pengkajian bukan penelitian”, tegasnya pada akhir sambutan.

Sementara itu, Koordinator Program BPTP Sumbar, Dr. Ir. Dedi Azwardi, MP memaparkan ada 33 kegiatan Pengkajian dan Diseminasi yang akan di presentasikan oleh masing-masing Penanggung Jawab Kegiatan, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan In House, Diseminasi, Perbenihan, Peternakan dan Komoditas Strategis. “Saya mengharapkan para penanggung Jawab kegiatan bisa menyajikan proposal kegiatan 2018 dengan baik sehingga nantinya tim pembahas bisa memberi masukan untuk mempertajam proposal kegiatan pengkajian dan diseminasi”, harapnya.

Pada kesempatan tersebut Tim Pembahas yang terdiri dari Peneliti dan Penyuluh Senior BPTP Sumatera Barat membahas dan mendiskusikan apa yang sudah dipaparkan oleh para penanggungjawab kegiatan. Tim Pembahas diantaranya membahas beberapa hal yang sudah dirangkum, diantaranya mengenai Output akhir yang akan dilahirkan dari kegiatan tersebut, Tinjauan Pustaka, road map kegiatan, kemudian juga mencantumkan inovasi teknologi secara spesifik dan khusus, ditambahkan pula bahwa kegiatan pengkajian juga perlu mencantumkan persepsi petani terhadap teknologi yang sudah di Diseminasikan. (Winda R)