JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Balitbangtan Sumbar Paparkan Tugas & Tanggung Jawab sesuai Permentan No.131. Tahun 2014

Kamis, 25 Januari 2018 bertempat di Gedung Pertemuan Danau Singkarak Kantor Bupati Solok, dilakukan Rakor Lintas SKPD Lingkup Pertanian. Pertemuan digagas dan dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Solok, dengan tujuan memberikan pemahaman kepada aparat Dinas Pertanian Kab. Solok (Kabid, Kasie, PPL, PHP, dan petugas)  tentang tanggung jawab Instansi terkait sesuai Permentan No.131/Permentan/OT.140/12/2014 tentang Mekanisme dan hubungan kerja antar lembaga yg membidangi pertanian dalam mendukung peningkatan produksi pangan strategis Nasional.

Rakor dihadiri sekitar 120 org peserta, dibuka oleh Bupati Solok yang diwakili Asisten II, Drs..Suhamen, MM. Sebagai narasumber adalah Kepala BPTP Balitbangtan Sumbar diwakili oleh Ir. Ismon. L., MSi.  Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, & Perkebunan Prov. Sumatera diwakili oleh Koord. Penyuluh Ir. Joko Sutopo, MSc. Kadis Peternakan & Keswan Prov. Sumbar diwakili oleh Kabid Produksi & Teknologi (Ir. Defnal Kahfi), Kabadan Litbang & Perencanaan Kab. Solok diwakili oleh Kabid Litbang (Yose, SE. MM).

Ka BPTP Balitbangtan Sumbar dalam paparannya menyampaikan 8 (delapan) tugas dan tanggung jawab BPTP sesuai Permentan No.131 Tahun 2014, yaitu :

  1. Menyediakan dan mendiseminasikan rekomendasi varietas unggul baru dan teknologi tepat guna.
  2. Mendiseminasi Kalender Tanam
  3. Mendiseminasikan rekomendasi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
  4. Menyediakan benih sumber/bibit sumber pangan strategis.
  5. Melaksanakan monitoring dan supevisi penerapan varietas unggul baru dan teknologi tepat guna spesifik lokasi.
  6. Menyiapkan materi penyuluhan.
  7. Menempatkan peneliti/penyuluh sebagai pembina kabupaten/kota untuk mengawal penerapan teknologi (LO Kabupaten/Kota).
  8. Mengkoordinasikan kegiatan teknis penerapan inovasi UPT lingkup Balitbangtan di Kabupaten/Kota.

Menurut Kadis Pertanian Solok Ir. H. Admaizon, pemaparan tugas dan tanggung jawab SKPD dan UPTP Pusat lingkup pertanian akan dapat menjadi pedoman dalam mensinergiskan dan melaksanakan kegiatan pertanian di Kabupaten Solok. (Ismon).