JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimtek Perbenihan Durian

Mempersiapkan pengetahuan keterampilan penyuluh lapangan  dan petani durian dalam menghadapi tahun benih 2018,  BPTP Sumatera Barat melaksanakan bimbingan Teknologi perbenihan Durian bertempat di BPK IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang perwakilan penyuluh dan petani durian di wilayah kerjaBPK IV Jurai, BPK Tarusan, BPK Bayang, BPK Batang Kapas, dan BPK Sutera.

Dilaksanakannya Bimbingan teknologi  perbenihan durian ini tidak terlepas dari potensi komoditi durian yang terdapat di Pesisir Selatan terutama kecamatan Koto XI Tarusan. Untuk itu pada tahun ini telah mulai diperkenalkan  teknologi budidaya durian kepada petani agar petani mempunyai pengetahui tentang cara bercocok tanam durian pada saat bantuan benih diberikan. 

Dalam sambutannya Yasdi. SP mewakili  Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Hortikutura mengatakan bahwa selama ini komoditi durian merupakan hasil tanaman yang sudah turun temurun tanpa pemeliharaan,  sehingga sulit ditemui durian yang  memenuhi standar mutu yang diterima oleh pasar moderen.  Oleh karena itu bimtek ini sangat bermanfaat bagi petani untuk mau membudidayakan tanaman baru serta merawat tanaman yang sudah ada.

Peluang usaha budidaya durian semakin menarik karena didorong oleh nilai ekonomis durian bertambah baik dan  semakin berkembangnya pariwisata di kabupaten Pesisir Selatan,saat ini petani juga mulai tertarik membudidayakan durian unggul dalam skala cukup luas, seperti Poktan Lereng  Bukik di kecamatan Bayang, dengan membuka perkebunan durian sebanyak 3000 batang durian varietas matahari, tentu hal ini dapat mendorong petani lain untuk melakukan hal yang sama.

Syahrul Zein peneliti BPTP Sumbar sebagai pemateri bimtek  menjelaskan bahwa penggunaan bibit unggul yang disertai dengan pemeliharan seperti penyiangan, pemangkasan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi durian, oleh sebab itu ditegaskan oleh Syahrul bahwa penggunanan bibit unggul mutlak dilakukan, karena yang dilakukan petani selama ini adalah memperbanyak durian dengan biji, sehingga tidak dapat dipastikan kualitasnya, walaupun pohon induknya cukup bagus. Karena itu peningkatan pengetahuan tentang budidaya durian bagi penyuluh lapangan dan petani sangat diperlukan,  usai materi bimtek diberikan kemudian diakhiri dengan diskusi.