JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bareh (beras) Solok Sudah Terkenal Kelezatannya

Bareh (beras) Solok sudah terkenal kelezatannya dan banyak dicari masyarakat. Sayangnya hingga saat ini belum ada payung hukum yg menjamin beras solok yg dijual benar benar berasal dari Solok. Payung hukum ini dapat berupa penetapan Indikasi Geografis (IG) beras solok. Untuk itulah maka Kabuparen Solok bersama stakeholder lainnya termasuk BPTP Sumatera Barat berupaya membuat IG beras solok.

Penyusunan buku Deskripsi Indikasi Geografis Bareh Solok dilaksanakan di ruang pertemuan dinas pertanian kota Solok baru-baru ini, dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari konsultan ahli indikasi geografis, Badan Ekonomi Kreatif (BE KRAF) kementrian hukum, kepala dinas pertanian kabupaten/ kota solok beserta staf, pengurus masyarakat perlindungan indikasi geografis bareh solok (MPIG-BS) dewan pakar MPIG-BS yang didalamnya termasuk peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, kepala dinas pertanian kab. Solok, Ir. Admizon, berharap indikasi geografis bareh solok segera terwujud, dan berharap kepada yang termasuk panitia kerja bekerja keras untuk mewujudkan dengan bimbingan tim BE-KRAF deputi fasilitas hak kekayaan intelektual. Prof. Riyaldi sebagai konsultan ahli IG menyampaikan bahwa IG merupakan alat ekonomi yang penting untuk menjadikan baras solok mendunia. Dengan adanya IG, bareh solok berpeluang di ekspor ke berbagai negara dengan jaminan hukum dari negara bersangkutan. (Arya)