JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Inovasi Teknologi Budidaya Jagung Di Kabupaten Pesisir Selatan

Program pengembangan kawasan jagung tahun 2017 yang terluas di Kabupaten Pesisir Selatan, terutama terletak di Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Linggo Sari Baganti. Pada program pengembangan kawasan itu, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Barat, melakukan pendampingan dan menerapkan inovasi jagung

Dalam pendampingan itu BPTP Sumbar melakukan pembuatan Demplot (Demonstrasi Plot), seluas 4 ha, untuk percontohan inovasi teknologi, dan pelatihan kepada petani jagung yang ada di daerah itu. Inovasi budidaya tanaman jagung yang dianjurkan adalah, penggunaan varietas unggul baru nasional yang terdiri  Bima 20 Uri dan Nasa 29, Sistem tanam jagung jajar legowo, pemupukan spesifik lokasi, Demikian Dr. Zul Irfan, MS., Ketua Pelaksana Pendampingan Itu mengatakan dalam sosialisasi itu.

Sementara itu Wali Nagari Lagan Hilir Punggasan, Arpen mengatakan, dia yang sekaligus mewakili masyarakatLagan, mengucapkan terimakasih kepada BPTP atas ditetapkannya Nagari Lagan sebagai pelaksana pendampingan dan pemberian inovasi. Dilaksanakannya pendmpingan di Nagari Lagan, akan dapat menambah kepercayaan petani jagung untuk berusaha tanaman jagung yang lebih baik dan lebih menguntungkan, karena teknologi yang digunakan petani adalah teknologi yang telah dianjurkan oleh Badan Litbang Pertanian

Sementara itu Pilisman, salah seorang anggota kelompok tani yan tergabung dalam pendampingan itu mengatakan, dia senang sekali mendapat pembinaan dari BPTP. Dengan pembinaan itu, kegiatan pertanaman dia akan terarah sesuai demgan teknologi anjuran.

Sosialisasi pendampingan pengembangan kawasan Jagung di daerah Pesisir Selatan itu dilaksanakan di lahan petani Nagari Lagan Hilir Punggasan. Hadir pada sosialisasi itu sebanyak 75 orang yang terdiri dari Petani dan pengurus Kelompok tani se Kecamatan Lagan Hilir Punggasan 60, Penyuluh Pertanian Lapangan 17 Orang, Wali Nagari Lagan Hilir Punggasan dan Kepala UPTD Kecamatn Linggo Sari Baganti. (A.Syufri/Tim).