Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Bank Padi
Layanan Online Alsin
Sinar Tani
Info Pasar
Ulat Bulu
phsl
Hasil Lipi
E-Produk
Kalender Tanam


Kecil Tempatnya Besar Manfaatnya PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 27 Februari 2015 08:07

Ibu – ibu rumah tangga pasti merasakan kenaikan harga kebutuhan dapur, seperti harga cabe, bawang merah dll tanpa kendali, belum lagi sayur – sayuran seperti tidak mau ketinggalan, dapat dibayangkan betapa pusingnya mengatur keuangan apalagi pendapatan pas – pasan. Sebetulnya jika ibu – ibu jeli, tidak perlu semua kebutuhan dapur tersebut dibeli, dapat disiasati dengan menanami pekarangan. Bermacam jenis  sayuran seperti kangkung, bayam, tomat, cabe, terung, bawang merah dll bisa ditanam dalam pot dan polybag, apabila ditata dengan rapi pasti sedap dipandang mata,

Jangan tunggu lagi harga membelit, segeralah manfaatkan pekarangan sesuai dengan luas pekarangan, untuk perumahan diperkotaan yang luasnya kurang dari 36 meter atau disebut juga dengan rumah tanpa pekarangan, tidak perlu berkecil hati, dipekarangan seperti ini dapat kita tanami dengan aneka sayuran seperti kangkung, bayam, caisin, salada, terong, tomat dan bermacam bumbu dapur seperti bawang merah, bawang prei, saledri. Semua sayuran ini ditanami dalam polybag atau pot. sistim vertikultur maupun pot gantung. Jika tanaman diatur sedemikian rupa maka susunan sayuran ini juga berfungsi sebagai penghias taman rumah.

Pemanfaatan pekarangan memang harus disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki, agar sistim budidaya dan penataan dapat dirancang menurut teknis budidaya dan estetika yang menarik, pada  perumahan tipe 36 dengan luas tanah 72 meter diperkotaan  maka penanamannya dapat dilakukan dalam pot, rak vertikultur, polybag, pot gantung, dll. Sedangkan tanaman yang ditanam adalah kangkung, bayam, caisin, salada, sawi, kacang panjang,  terong, buncis, bawang prei, budidaya dalam polybag dan pot juga bisa dilakukan. Selain itu bumbu – bumbu dapur masih bisa ditanam dalam pot atau dibedengan, jangan lupa menanam toga seperti kunyit, jahe, sirih merah. Namun apabila pekarangan untuk rumah dipedesaan bisa dipelihara ternak unggas. Tipe halaman seperti ini disebut juga dengan halaman sempit.

Jika luas pekarangan cukup mamadai yaitu rumah tipe 45 dengan luas tanah 90 meter diperkotaan, maka penataan tanaman agak leluasa. Tanaman yang ditanam juga lebih beragam seperti caisin, kangkung, bayam, saledri, salada, bawang daun pada rak vertikultur, sedangkan dipolybag ditanami dengan terong, tomat, kacang panjang. Mentimun, cabe, dan beberapa jenis tanaman toga. Beberapa jenis buah – buahan dan tanaman pangan masih bisa ditanam pada pekarangan seperti ini, seperti sirsak, belimbing, ubi jalar atau tanaman lokal lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan protein hewani sebaiknya dipelihara ikan seperti mujair, gurami dikolam mini.

Bagi rumah tipe 54 dengan luas tanah 120 meter atau disebut dengan pekarangan luas, tentu saja jenis dan sistim budidaya sayuran semakin beragam, misalnya sayuran sawi, kucai bayam, salada, kangkung, kemangi tanaman toga seperti sirih, sambiloto, jahe merah dan lain – lain  dapat ditanam pada rak vertikultur, rak gantung, tempel atau tegak, model rak ini dapat disesuaikan dengan kesukaan ibuk ibuk. Untuk sayuran yang berakar dalam seperti cabe,terong, tomat, tanaman toga, tanaman buah papaya, belimbing, mangga, labu kuning, tanaman pangan ubi jalar, jagung, dan jenis lainnya sangat memungkinkan ditanam di polybag atau ditanam langsung di bedengan. Pemelharaan ternak unggas dan ikan juga sangat penting untuk kebutuhan protein keluarga. Yang perlu diperhatikan dalam penyusunan  adalah pentingnya tanaman sayuran mendapat sinar matahari langsung. ( zulrasdi )

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com