Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
phsl
Info Pasar
Ulat Bulu
Kalender Tanam
Hasil Lipi
Bank Padi
Sinar Tani
E-Produk
Layanan Online Alsin
Tanam Perdana Dem-Farm Padi Sawah dan Penandatanganan MOU antara Pemda Kabupaten Limapuluh Kota dengan BPTP Sumatera Barat PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 April 2011 09:55
tanam perdana Kepala BPTP Sumbar dan Bupati 50 kotaDem-Farm Padi Sawah dengan pendekatan PTT di Kabupaten Limapuluh Kota dilaksanakan di Kelompok Tani Gantiang Jaya yang berlokasi di Jorong Kubang, Nagari Kubang, Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota. Pada hari Selasa tanggal 12 April telah berlangsung kegiatan Tanam Perdana Demfarm Padi sawah yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala BPTP Sumbar, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan LImapuluh Kota, Kepala BP3K Kecamatan Guguak, BPS dan BPSB Limapuluh Kota, dengan jumlah peserta mencapai 100 orang petani dan petugas. Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan MOU kerjasasama antara Pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh kota yang diwakili oleh Sekda yaitu Drs. Risman Kemars MM dan BPTP Sumatera Barat oleh Dr.Ir.M. Prama Yufdy, MSc. Dengan dilaksanakannya penandatanganan MOU diharapkan adanya kerjasama yang baik dan saling bahu membahu agar pelaksanaan kegiatan Dem-Farm Padi Sawah di Kabupaten Limapuluh Kota dapat berhasil dengan baik. Dalam kesempatan tersebut kepala BPTP Sumbar menyampaikan program yang dilaksanakan oleh BPTP Sumbar pada tahun 2011, selain kegiatan Dem-Farm VUB padi sawah juga dilakukan Display VUB padi sawah, Pelatihan, Temu lapang dan kegiatan Dem-farm VUB jagung hibrida, Dem-Farm integrasi ternak dengan kakao serta pengembangan budidaya itik Mojosari Alabio (MA).

Varietas yang ditanam pada Dem-Farm Padi Sawah pada hamparas seluas 5 ha adalah Inpari 12 dan Logawa. Pemilihan varietas berdasarkan hasil uji adaptasi VUB yang dilaksanakan tahun 2010. Beberapa pertimbangan dalam pemilihan varietas antara lain beradaptasi cukup baik dan sesuai selera masyarakat. Menurut Ketua Kelompok Gantiang Jaya, tahun lalu mereka telah pernah menanam varietas Logawa, Cisokan, Tukad Unda dan IR 66 dimana produktivitas tertinggi dicapai oleh varietas Logawa mencapai 8,6 ton/Ha gabah kering panen. Pada Dem-Farm ini juga didiseminasikan berbagai teknologi PTT antara lain sistem tanam legowo 4:1 (jarak tanam 25 x 25 cm), penggunaan pupuk organik, bibit muda (15 HSS), penggunaan 1-3 bibit per lubang tanam, pemupukan berdasarkan PUTS, pupuk susulan Nitrogen berdasarkan Bagan Warna Daun (BWD), serta pengendalian hama dan penyakit.

Hasil kegiatan Dem-Farm ini diharapkan bisa menjadi sumber benih terutama untuk penyediaan benih di Kabupaten Limapuluh Kota. Kelas benih yang ditanam adalah Benih Dasar (BD) dan keturunannya Benih Pokok (BP) masih dapat ditangkarkan menjadi kelas Benih Sebar (BS). Dengan kata lain kegiatan Dem-Farm Padi Sawah juga merupakan kegiatan perbanyakan benih sumber, sehingga varietas Logawa dan Inpari-12 lebih cepat dikenal dan menyebar di Kabupaten 50 Kota. Guna mencapai maksud tersebut, petani penangkar telah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, dimana dinas sepakat untuk membeli semua benih yang dihasilkan oleh penangkar yang akan digunakan untuk perluasan penggunaan Varietas Unggul Baru di Kabupaten Limapuluh Kota. Kesepakatan tersebut telah ditandatangani antara Keltan Gantiang Jaya dengan Dinas terkait.(ratna_wulandari)
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com